Distributor Komponen ini berfungsi menyuplai
tenaga hasil pengapian ke semua komponen penggerak di rangkaian mesin.
Bila pendisribusian tenaga terganggu otomatis mesin bekerja dengan
tidak baik. Koil Koil berfungsi untuk
membangkitkan energi listrik. Sehingga bila rusak, maka proses
pengapian juga tidak akan terjadi. Hal serupa juga terjadi pada busi,
yang berfungsi untuk memantik proses pengapian.
Setelan katup Karburator
Ini bukan komponen, hanya settingan saja. Bila setelan idle katup
terlalu tinggi katup karburator tak menutup sempurna, dan menyebabkan
supply bahan bakar ke silinder terlalu banyak (membanjir).
Sebenarnya komponen ini jarang rusak namun sering kali menimbulkan
gejala bila kotor/tersumbat. Indikasi injector (sistem injeksi)
tersumbat yaitu mesin akan bergetar kasar yang tiba-tiba muncul dan
segera hilang kala gas diinjak dalam-dalam dan putaran mesin tinggi.
Busi
Busi yang aus akan terlihat dari
bentuk kepalanya yang sudah rusak atau bisa juga renggang. Bila anda
menemukan salah satu busi bermasalah anda wajib mengganti satu set
(seluruh busi mesin anda) karena biasanya kondisi busi lainnya tidak
jauh berbeda.
Sistem injeksi (Khusus mobil bersistem injeksi, bukan karburator)
Sistem injeksi ini adalah sistem distribusi bahan bakar yang mengalirkan bahan bakar kedalam silinder mesin.Coba lakukan langkah berikut:
- Nyalakan mesin dan masukan gigi pada posisi netral
- Injak pedal gas dalam-dalam secara tiba-tiba (seperti mau ngebut)-
Bila mesin terasa terbatuk; bahasa sehari-harinya “nge-brebet”
kemungkinan besar injector anda kotor. Karburator Secara fungsi sama dengan injektor
yaitu memasok bensin ke silinder namun karburator bekerja secara
mekanis manual sedangkan injektor yang sudah elektronik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar